Tips Memotret Landscape II

air terjun toroan madura

Melanjutkan tips memotret landscape yang lalu, kali ini hal yang perlu kita perhatikan ketika akan memotret landscape adalah sebagai berikut

Waktu

Idealnya pemotretan landscape dilakukan ketika  Golden Hour yaitu antara pukul 6 pagi sampai pukul 9 pagi dan pukul 4 sore sampai pukul 6 sore, karena pada waktu itulah kontras dari matahari belum begitu tinggi jadi antara shadow (bumi) dan Highlight (langit) masih seimbang.

Filter

Beberapa filter yang cocok untuk memotret landscape antara lain
Filter CPL (circular polarizing)
Filter ini berfungsi untuk mendapatkan birunya langit serta meminimalisir pantulan dengan cara memutar bagian terluar dari filter CPL.

Filter ND (Neutral Density)
Filter ini berfungsi untuk menurunkan cahaya yang masuk ke kamera, tingkat penurunannya tergantung dari tingkat kepekatan dari filter, semakin besar nilainya maka semakin pekat serta semakin turun shuterspeednya.
filter ini sangat cocok untuk memotret landscape dengan elemen air yang mengalir.
dengan menggunakan filter ini akan menghasilkan shuterspeed yang rendah sehingga pergerakan air akan terlihat seperti kapas.

Filter Gradual
Filter ini terdapat 2 jenis soft gradual dan hard gradual
variasi dari filter ini sangat banyak contohnya filter gradual ND, gradual tobaco, gradual sunset- orange dan masih banyak yang lainya.
sedangkan untuk fungsinya sangat tergantung dari variasi gradualnya.
misal filter gradual ND, fungsinya ketika kita memotret landscape dengan kontras tinggi pastinya akan ada bagian yang harus kita relakan untuk kehilangan detailnya. untuk mengatasi persoalan itu kita gunakan filter gradual ND. caranya bagian yang pekat kita letakkan diatas yaitu pada bagian langit sehingga kecerahan langit bisa turun.

Flare

Dalam memotret landscape matahari adalah elemen terpenting untuk memberikan kecerahan pada obyek yang akan kita foto.
Pada tempat tertentu kita dituntut untuk memasukkan matahari kedalam frame, hal ini akan  menyebabkan flare pada foto. untuk mengatasinya maka kita gunakan lens hood untuk meminimalisir lens flare.

Framing

Dalam memotret landscape kita jangan hanya terpaku pada satu spot saja
berkreasilah untuk mencari spot dan angle dengan memasukkan frame alam berupa ranting, daun maupun dahan pohon.

Be Yourself

Jadilah diri sendiri, berkreasilah dan temukan keunikan dalam dirimu serta masukan dalam karyamu.

Incoming search terms:
cara menggunakan filter nd

Leave a Reply