Cahaya Tambahan LHF X-uipment

flash untuk prewedding dan wedding

FLASH LIGHT untuk CAHAYA TAMBAHAN
PREWEDDING + WEDDING

 

Sudah lama juga saya tidak pernah posting tentang photography khususnya tulisan tentang tips maupun trik photography.
ada sedikit kecewa saja ketika beberapa tulisan saya di copy paste dengan seenaknya tanpa menyebutkan link sumbernya. tapi ya sudahlah semoga bermanfaat saja ^_^

Ditahun ini saya akan mencoba untuk aktif kembali menulis tentang seputar photography yang saya jalani baik mengenai pengalaman ketika memotret maupun perlengkapan yang sering saya gunakan dengan format yang sedikit berbeda tentunya ^_^.

Dalam postingan kali ini saya akan bercerita tentang cahaya tambahan atau flash light atau speed light yang sering saya gunakan ketika bertugas untuk jasa foto prewedding maupun jasa foto wedding.

Untuk cahaya tambahan baik untuk fill in objek maupun untuk membuat side light atau rim light saya menggunakan flash third party yaitu yongnuo.
Flash murah meriah lumayan untuk menunjang kerjaanku khususnya di kondisi yang membutuhkan cahaya tambahan.

Seperti yang bisa kalian liat di foto diatas, saya menggunakan 2 buah Flash manual YN 560 II
dan 2 buah Flash TTL 568 EX II dan 3 buah trigger TTL YN 622c serta YN 622c – TX

Di setiap saya mengerjakan jasa foto prewedding maupun wedding photography semua flash dan triggernya pasti saya bawa semua, meskipun tidak semua saya gunakan.
Untuk jasa foto prewedding saya lebih sering menggunakan ke 2 flash TTL YN 568 EX II sebagai cahaya tambahan.
Ada sedikit cerita ketika waktu awal2 bermain stobist, dulu saya mikirnya buat apa membeli flash TTL dan Trigger TTL yang harganya sangat mahal (waktu itu setauku trigger yg sdh support TTL hanya Pocket wizar dan flash milik canon  yg harganya sangat tidak bersahabat sebagai buruh pabrik ^_^)

Alhamdulillah persepsiku perlahan mulai berubah tatkala sudah merasakan betapa kita sangat di manjakan oleh teknologi TTL dan HSS yang di berikan oleh trigger TTL dan Flash TTL yang sudah support HSS (High Speed Sync)
Apalagi dengan adanya YN 622C – TX saya gak perlu lagi riwa riwi untuk merubah setingan dari flash, cukup di set dari TX semua flash langsung nurut sesuai dengan instruksi TX ^_^
Paling tidak beban ketika memotret berkurang satu, kl dulu masih harus berfikir berapa power flash dan berapa flash syncro kamera dan flash, akan tetapi kl sekarang power flash sudah langsung bisa akurat dari pengaturan TTL yg di hitung oleh kamera tinggal kita mainkan kompensasinya saja kl mau di underin atau di overin
That’s it its so simple to me….
Damn…. kenapa tidak dari dulu xixixixixixi

Satu lagi flash atau cahaya tambahan yang saya miliki yaitu flash manual 560 II
kedua flash ini saya gunakan ketika sedang melaksanakan jasa foto wedding, khususnya foto wedding yang di laksanakan di rumah.
untuk acara di gedung pernikahan saya gak mungkin untuk menggunakan flash Yongnuo YN 560 II donk coz jarak dan pastinya powernya gak bakalan njangkau so kl acara weddingnya di gedung saya gunakan studio flash merek Photo Tech.

Sebelum saya gunakan cahaya tambahan atau flash merk yongnuo saya dulu pernah menggunakan merk sun pack yang bertahan gak sampai setahun dan merk olympus FL-36 yang terkadang masih saya gunakan untuk membantu pencahayaan ketika memotret wedding dari kamera Fujifilm X-A1 ya meskipun fungsi TTL dari FL-36 gak jalan tapi gak masalah sih, GN dari FL-36 kurasa cukup untuk kamera mirorless fujifilm untuk memotret wedding.

Demikian beberapa cerita tentang cahaya tambahan atau flash light yang saya gunakan untuk bertugas sebagai wedding photographer
Semoga ada manfaatnya ^_^

Best Regards

LUKIHERMANTO

Leave a Reply